12 Juli 2015

Cara Backup dan Restore Database Smart Billing GWarnet

PT. EPIN (yang dulu disebut PT. TAIGA) beberapa waktu yang lalu memberikan beberapa update Smart Billing sampai versi yang terbaru saat ini - SB20150710.001. Ada yang berbeda dengan update kali ini termasuk beberapa update versi sebelumnya karena database Smart Billing mengalami perubahan sehingga cara backup dan restore database Smart Billing juga berbeda.
Cara Backup dan Restore Database Smart Billing GWarnet
Jika kamu ingin backup dan restore database Smart Billing terbaru, hal yang harus kamu ketahui bahwa database-nya tidak lagi menggunakan file .sdf seperti artikel TutGWarnetGold sebelumnya - Cara Backup Database Smart Billing. Saat ini Smart Billing menggunakan file dengan ekstensi.dat yaitu counter.dat, yang membuat sebagian pengguna lama agak pusing melakukan backup database.

Nah, bagi kamu yang tidak ingin berpusing-pusing backup dan restore database Smart Billing, bisa baca tutorialnya disini. Tutorial tersebut sangat cocok bagi kamu yang tidak terlalu tahu menahu tentang cara backup dan restore database Smart Billing dan juga berlaku untuk database lama dan baru Smart Billing. Langsung saja ikuti langkahnya dibawah ini:
  1. Copy file Counter.dat yang ada di folder instalasi Smart Billing yang kamu gunakan.
  2. Agar Smart Billing tidak update otomatis, kamu harus Blokir Update Smart Billing.
  3. Login ke situs GWarnet lalu pilih menu Download
  4. Download Smart Billing versi SB20150626.001 kemudian install di folder Smart Billing yang kamu gunakan sekarang
  5. Paste file database - Counter.dat untuk menimpa file database pada folder instalasi yang baru.
Jika kamu masih mengalami masalah Smart Billing saat backup dan restore database Smart Billing, silahkan berikan komentar dibawah atau langsung chatting dengan CS GWarnet PT. EPIN.

loading...