07 Agustus 2015

Pernyataan Gemscool Tentang Transfer ID Point Blank ke Garena Indonesia

Seperti yang kita ketahui, bahwa Garena Indonesia akan melakukan transfer akun Point Blank (PB) sehingga troopers yang dulunya punya pangkat tinggi, tidak perlu buang waktu dan habiskan uang untuk beli Cash Garena lagi agar cepat naik pangkat. 
Pernyataan Gemscool Tentang Transfer ID Point Blank ke Garena Indonesia
Tapi nampaknya, pihak Garena Indonesia tolak prosedur transfer yang baru-baru ini dilakukan oleh Gemscool seperti TutGWarnetGold lansir dari laman MetroTVNews. Akhirnya, Gemscool menanggapi penolakan Garena terhadap prosedur transfer akun pemain lama Point Blank yang mereka ajukan. Ada tiga pernyataan yang dikeluarkan Gemscool tentang transfer akun Point Blank tersebut.

Beberapa klarifikasi resmi oleh PT. KREON mengenai transfer akun PB ke Garena Indonesia:

1. Jika Tidak Ingat Email, Apakah Verifikasi Bisa Dilakukan?

Verifikasi email masih bisa dilakukan jika player tidak mengingat alamat email. Kapan saja User dapat melakukan verifikasi dengan menggunakan email yang aktif pada bagian “Ubah Informasi” di website Gemscool. Tentu saja untuk melakukan ubah informasi data, user harus mengingat hint password miliknya, karena jika seseorang dapat melakukan transfer akun tanpa proses tersebut, maka akan sangat banyak User yang memiliki resiko besar untuk mengalami account hacking. Sebagai catatan, bukan hanya game PB saja yang terpengaruh, tetapi game milik Gemscool lainnya seperti DN, LS, dll juga akan terpengaruh. Untuk itulah, tindakan pengamanan ini tidak bisa diabaikan dari proses transfer akun tersebut.

2. Apakah Troopers Bisa Transfer Akun Dengan ID dan Password Saja?

Sebenarnya kami mendapatkan permintaan dari Garena agar transfer akun hanya dengan menggunakan ID dan Password saja. Jika Garena bertukar posisi dalam hal ini, sudah pasti Garena juga tidak akan melakukan tindakan beresiko yang tidak bisa dipertanggung jawabkan (jika mereka dalam kondisi harus memindahkan data User kepada perusahaan lain), dan pasti semua publisher lainnya juga berpikiran demikian.

Sebenarnya Kreon dapat melakukan cara tersebut jika Garena mau mempertanggung jawabkan bila terjadi account hacking, tetapi pihak Garena menyampaikan tidak akan bertanggung jawab jika hal itu terjadi. Bagaimana mungkin jika suatu hal yang tidak bisa dipertanggung jawabkan oleh Garena dapat dipertanggung jawabkan oleh Kreon?

Jika dipersingkat, sebenarnya tranfer akun dapat dilakukan dengan mudah, tetapi hal itu menyebabkan kemungkinan besar terjadinya account hacking. Kami rasa, Garena sebagai publisher global pun berpikir demikian.

3. Apakah Transfer Akun dapat dilakukan sejak awal?

Jika menurut isi kontrak perjanjian yang dilakukan antara Zeppeto dan Kreon, proses transfer akun sangatlah rumit. Tetapi untuk membalas jasa atas dukungan para User sekalian yang telah bersama-sama dengan Kreon selama 6 tahun lamanya, Kreon telah menerima semaksimal mungkin saran dari Garena walaupun saran tersebut berbeda dengan isi kontrak. Tetapi perlu disadari bahwa tindakan transfer akun yang berkaitan dengan data pribadi User jika hanya dilakukan dengan memasukkan ID dan Password saja tanpa sistem pengaman adalah mustahil.

Sebenarnya jika masalah ini tidak muncul, maka semua proses yang berhubungan dengan transfer akun, direncanakan dapat selesai sekitar pertengahan bulan Juli 2015. Semua tugas Kreon yang berhubungan dengan transfer akun sudah diselesaikan sejak lama dan telah disampaikan kepada Garena; sehingga jika Garena sudah siap untuk melakukan transfer akun, sekarang pun dapat dilakukan. 

Kreon berjanji untuk membantu para User semaksimal mungkin untuk mencari data akun para User melalui Customer Service Gemscool apabila User tidak mengingat Hint Password, dll."