05 Agustus 2015

Tips Bersihkan Casing Komputer

Bisnis Warnet dan Game Online saat ini memang masih sangat menjanjikan. Tentunya, semua itu juga tergantung dari pasar dan pemilihan lokasi yang cocok. Bisnis ini sudah saya jalani di rumah kontrakan di salah satu Kota di Kalimantan Timur dengan lokasi yang startegis. 
Tips Bersihkan Casing Komputer
Clean PC via PCMag.com
Walaupun bisnis ini bisa dijalankan di rumah kontrakan, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum terjun ke usaha warnet dan game online salah satunya adalah tahu-menahu mengenai komputer dan jaringan. Jika tidak, kamu harus sewa teknisi untuk kebutuhan tersebut. Alhamdulillah, saya sendiri agak tahu mengenai hal ini. Selain itu, agar komputer kamu awet dan tahan lama, sebaiknya kamu harus rutin bersihkan casing dan komponen komputer.

Hal yang kadang disepelekan oleh beberapa owner warnet adalah menjaga kebersihan casing dan komponen komputer. Kinerja komputer tidak akan memberikan performa yang bagus jika pasta processor misalnya jarang diganti, banyak debu didalam casing dan yang lain.

Nah, TutGWarnetGold akan memberikan Tips Bagaimana Cara Membersihkan Casing Komputer agar komputer kamu awet dan tahan lama.
  1. Copot semua kabel-kabel ke peripheral selain PC-nya
  2. Bawa keluar ruangan tapi jangan langsung di bawah matahari.
  3. Jika punya budget berlebih, bersihkan dengan menggunakan kompresor mini seperti Metro Datavac, Electric Duster E500 atau Dust Blower.

  4. Jika belum punya alat diatas, gunakan kuas atau apapun yang bisa digunakan untuk menyemprot debu agar bisa keluar dari casing.
  5. Paling banyak debu biasanya di bagian kipas.
  6. Jangan sekali-kali menggunakan lap sembarangan karena justru dapat merusak. Sebaiknya, gunakan xerapol atau novus dan gunakan lap bawaannya.
  7. Jika tidak punya alat-alat tersebut, gunakan lakban ditempel ke permukaan acrylic dan plexi-glass supaya debunya nempel dil lakban itu.
  8. Bagi acrylic yang berkabut/berembun, bisa dicoba dengan cara ini:
    • Siapkan kain microfiber-cloth (kain pembersih lensa/handuk super-halus)
    • Siapkan air hangat (mendekati agak panas)
    • Celupkan kain ke air hangat dan basuh lap ke bagian yang berkabut.
    • Basuhkan kain secara berputar satu arah (jika sudah tidak hangat, celup lagi)
    • Setiap dibasuh, gunakan juga jari untuk menekan-nekan permukaan yang berkabut.
    Kabut itu sebenarnya adalah uap panas yang terjebak di dalam permukaan acrylic. Jadi harus dihilangkan dengan cairan hangat agar dia bisa menguap keluar.
  9. Untuk membersihkan bodi casing, sesuaikan dengan material. Gunakan lap pembersih lensa kamera/lensa kacamata untuk casing yang terbuat dari alumunium. Bagi casing yang terbuat dari SECC atau plastik, bisa pakai kanebo yang bersih.
Jangan sekali-kali menggunakan minyak kayu putih karena banyak orang yang sudah menggunakannya dan justru membuat masalah.

via Kaskus