23 Juli 2016

Warnet Sepi? Ini Solusinya Agar Warnet Tetap Ramai [Part 2]

Warnet Sepi? Ini Solusinya Agar Warnet Tetap Ramai [Part 2]. Setelah kemarin posting artikel bagian 1. Kali ini, akan berbagi bagian ke-2 seperti yang sudah saya janjikan. Jika belum baca, silahkan dibaca dulu ya sob.

Masih ada beberapa hal yang perlu diperhatikan selain lokasi warnet yang tepat, ISP yang sesuai, spesifikasi komputer warnet yang bagus untuk main game, dan benefit game yaitu fasilitas atau "equipment gaming", kebersihan, desain, event, dan tarif billing warnet.

Warnet Sepi? Ini Solusinya Agar Warnet Tetap Ramai [Part 2]


5. Desain, Fasilitas dan Kebersihan Warnet


Agar menarik pelanggan warnet, sobat harus desain warnet yang unik, minimalis dan elegan. Sebaiknya tempelkan banner yang menarik dan didapatkan dari beberapa publisher game online seperti Cyberindo, G-Warnet dan WarnetKu. Sobat bisa request merchandise jika sudah daftarkan diri. Ini akan mempunyai daya tarik tersendiri untuk pelanggan jika ditempelkan di dinding warnet.

Fasilitas warnet game online, bisa menjadi "candu" bagi pelanggan warnet. Ada banyak orang yang rela antri di warnet karena ingin mencoba "equipment gaming" seperti mouse macro, "headset gaming", dan lainnya.

Selain itu, sebaiknya sobat juga menyediakan fasilitas lainnya seperti card reader, kabel data, bluetooth, printer, dan scanner karena tidak menutup kemungkinan ada pelanggan yang akan menggunakan fasilitas ini. Fasilitas lainnya yang cukup penting juga diperhatikan adalah kipas angin, AC, asbak,  dan toilet. Ini tentunya juga akan dibutuhkan oleh pengunjung warnet.

Kebersihan warnet juga adalah faktor penting yang harus diperhatikan karena ada banyak pemilik usaha warnet game online yang tidak menjaga kebersihan. Di daerah saya sendiri, ada beberapa user yang mengaku pindah bermain ke warnet lain karena warnet yang sering ditempati bermain "jorok", jarang dibersihkan.

Mungkin ada sebagian dari kita yang berpikiran bahwa "warnet kotor tidak masalah, yang penting koneksi cepat dan stabil". Ingat, tidak semua user berpikiran seperti itu, ada beberapa user yang juga mencari suasana warnet yang nyaman dan kondisi warnet yang bersih.

6. Sekali-lagi adakan Event di Warnet


Dengan mengadakan event warnet, akan menjadi perhatian dan mendatangkan pelanggan dengan sendirinya. Selain itu, maka akan bertambah juga orang yang mengetahui lokasi warnet kita tentunya. 

Dengan sendirinya, orang yang mengetahui warnet kita, akan tertarik berkunjung dan bermain dilain waktu nantinya. Adakan event yang menarik perhatian, sehingga banyak orang yang tau keberadaan warnet kita, sehingga tertarik untuk berkunjung dan bermain diwarnet kita seperti yang pernah saya ikuti bersama user warnet, training camp PB Garena Indonesiaevent bagi kaos gratis PB, Tales Hero Warnet Battle dan lainnya.

Masih ada beberapa pilihan game online lain yang dapat dijadikan event di warnet sobat seperti Lost Saga Indonesia, CSO, dan Dragon Nest.

7. Bijak dalam menentukan tarif billing


Ini adalah hal yang paling sulit untuk ditentukan. Bagaimana cara menghitung tarif warnet? Apakah tarif warnet tahun depan bisa dinaikkan? Semua pertanyaan ini tentunya pernah terlintas dipikiran kita sebagai pemilik usaha warnet 'kan.

Jangan asal ikut-ikutan menentukan tarif billing warnet karena bisa menyebabkan warnet "gulung-tikar". Sudah ada banyak buktinya, tanpa memperhatikan tarif warnet disekitarnya sehingga usahanya hanya berjalan selama beberapa bulan saja.

Bagaimana menurut sobat, beberapa faktor penentu diatas akan menyebabkan warnet sepi atau warnet ramai nantinya 'kan atau mungkin ada faktor lain selain yang ada diatas.

Silahkan berikan komentarnya pada kolom yang tersedia dibawah.

Demikian artikel tentang Warnet Sepi? Ini Solusinya Agar Warnet Tetap Ramai [Part 2]. Semoga bermanfaat.

0 Comment to "Warnet Sepi? Ini Solusinya Agar Warnet Tetap Ramai [Part 2]"

Poskan Komentar