23 Oktober 2016

Cara Ampuh Memperbaiki Komputer Restart Terus Menerus

Kita mungkin pernah dibuat panik karena komputer tidak muncul tampilan, padahal tombol power sudah ditekan. Artikel ini akan membahas tentang bagaimana cara memperbaiki Komputer/PC restart terus-menerus saat booting dan tidak bisa masuk windows - Seperti halnya banyak orang yang tidak mengetahui cara memperbaiki komputer yang rusak, tentu akan langsung membawa ke tempat servis atau toko komputer agar bisa menyelesaikan pekerjaan yang ada. Padahal, jika sobat mengetahui cara mengatasi komputer ada tampilan setelah tekan tombol power dibawah, tidak perlu lagi keluarkan uang karena caranya terbilang cuku mudah dilakukan.

Berbeda dengan komputer nyala, muncul tampilan di monitor tapi tidak bisa masuk windows, mungkin lebih mudah diketahui penyebabnya. Komputer restart terus-menerus dan tidak ada tampilan membuat kita agak susah mengetahui masalahnya. 

Penyebab dan Cara Memperbaiki Komputer Restart Terus Menerus

Selain itu, beberapa komputer muncul tampilan tapi setelah beberapa menit restart berulang. Semua indikator dari permasalahan diatas umumnya terjadi dikarenakan adanya tegangan listrik yang tidak stabil atau naik-turun.

Untuk itu, saya akan berbagi pengalaman pribadi tentang tips komputer yaitu penyebab dan cara mengatasi komputer sering restart sendiri, tidak ada tampilan di monitor dan terus-menerus saat booting berikut ini:

Cara Mengatasi Komputer/PC Yang Restart Terus Menerus, Tidak Ada Tampilan di Monitor dan Tidak Masuk Windows


Ada beberapa faktor yang menyebabkan komputer sering restart sendiri dan berulang-ulang sehingga tidak bisa booting atau masuk ke sistem operasi Windows. Salah satu penyebab yang sering muncul adalah adanya kerusakan perangkat atau hardware.


1. Komputer Restart Berulang, Bisa Dikarenakan Adanya File Sistem Operasi Yang Rusak


Sebelum membongkar CPU, atau mengutak-atik hardware, sebaiknya periksa terlebih dahulu sistem operasi yang digunakan. Jika terjadi kerusakan file sistem pada OS yang digunakan akan mempengaruhi kinerja pada hardware tapi sebaliknya, sistem operasi yang masih bagus dan komputer masih tetap restart berulang-ulang, kemungkinan besar terjadi kerusakan pada hardware komputer.

2. Kabel Yang Longgar atau Tidak Tertancap dengan Benar di Motherboard Juga Penyebab Komputer Sering Restart Berulang


Ini juga salah satu faktor yang bisa mengakibatkan terjadinya masalah komputer sering restart secara terus-menerus. Kabel penghubung ke komponen komputer yang longgar atau tidak tertancap dengan benar akan menyebabkan kinerja hardware tidak baik.

3. Lepas dan Bersihkan Hardware Yang Terpasang di Mainboard


Setelah membukan casing komputer, cabut atau lepas komponen hardware yang melekat di mainboard seperti memory (RAM), VGA, hardisk, SSD, prosessor, Power Supply (PSU) dan komponen lainnya kemudian bersihkan.

Sebelum memasang hardware kembali ke motherboard, jangan lupa mengolesi pasta prosessor (gunakan pasta yang bagus) diatas prosessor dan heatsink kipas prosessor. Begitu juga dengan memory (RAM), bersihkan menggunakan penghapus pensil pada bagian kuningannya. Pastikan bahwa tangan tidak mengenai kuningan RAM.
Ada beberapa kasus yang pernah saya jumpai, komputer sering restart berulang-ulang dikarenakan pasta yang sudah lama tidak pernah diganti menyebabkan prosessor cepat panas (over-heating).

4. Periksa Kondisi Power Supply, Kartu Grafis (VGA), Hardisk, dan Memory (RAM)


Penyebab lain, yang sering terjadi pada komputer sering restart terus menerus dikarenakan kurangnya daya listrik pada PSU (Power Supply) yang dialirkan ke CPU. Cek kondisi kipas dan permukaan motherboard. Jika sewaktu pertama kali membuka casing CPU anda mendapati temperatur dalam CPU sangat panas, maka besar kemungkinan kipas/fan CPU perlu diganti. Jika fan/kipas bermasalah, maka komputer tidak akan bisa bekerja secara normal, termasuk sering restart sendiri.

Hal ini bisa terjadi misalnya karena kipas (fan) power supply mati, sehingga terjadi overheat pada komponen Power Supply itu sendiri. Apabila anda merasa curiga dengan performa Power Supply yang terpasang sebaiknya ganti dulu bagian power Supply ini dengan Power Supply yang terbukti berfungsi baik. Untuk keperluan komputer sekarang, sebaiknya pakailah sebuah Power Supply dengan daya minimal 500 Watt.

Seperti halnya komponen komputer lainnya, kita harus membersihkan power supply dari kotoran atau debu. Perhatikan kipas power supply, pastikan masih berfungsi normal. Ingat, komputer memerlukan pasokan aliran listrik (voltase) yang tergolong tinggi, jadi anda harus memastikan tegangan listrik tidak sedang naik turun.

Hal lain yang menyebabkan komputer sering restart sendiri juga karena rusaknya kartu grafis atau VGA Card. Umumnya, ciri VGA rusak adalah terasa cepat panas pada bagian pendinginnya, selain itu tampilan gambar pada layar monitorpun menjadi rusak. Untuk itu apabila komputer Anda sering restart ada baiknya juga untuk mengecek komponen tersebut.

Saat komputer dinyalakan, ada bunyi beep hardisk pertanda bahwa hardisk rusak atau bermasalah. Biasanya, hardisk yang rusak atau punya bad sector bisa jadi penyebab komputer hang, muncul pesan bluescreen of death (BSOD), tidak bisa booting dan restart terus menerus.

Begitu juga dengan kompenan memory komputer. RAM rusak, salah satu penyebab komputer restart berulang dan pernah saya alami sendiri. Komputer tidak bisa booting dan restart terus-menerus, berulang serta tidak bisa masuk Windows. Setelah ganti dengan memory RAM baru, komputer jadi normal kembali.

Mungkin anda punya pengalaman sendiri mengenai cara mengatasi komputer yang restart terus-menerus dan tidak bisa masuk Windows. Silahkan berikan komentar pada kolom yang ada dibawah. Semoga bermanfaat ya...